Menu
Info Sekolah
Kamis, 20 Jun 2024
  • SMP Negeri 2 Tuban | Sekolah Adiwiyata Mandiri | Sekolah Ramah Anak | Sekolah Penggerak Kabupaten Tuban | Bereligi, Berkreasi, Berkarakter Lingkungan, dan Berkebangsaan
  • SMP Negeri 2 Tuban | Sekolah Adiwiyata Mandiri | Sekolah Ramah Anak | Sekolah Penggerak Kabupaten Tuban | Bereligi, Berkreasi, Berkarakter Lingkungan, dan Berkebangsaan

Mengapa Kurikulum Harus Berubah?

Terbit : Sabtu, 24 Juni 2023

Apa itu Kurikulum?

Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu, yang disusun dengan berdasarkan kebutuhan murid dalam proses pembelajaran.

Mengapa Kurikulum Perlu Berubah ?

Ki Hadjar Dewantara  (KHD) menjelaskan bahwa tujuan pendidikan yaitu menuntun segala kodrat yang ada pada anak-anak, agar mereka dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya baik sebagai manusia maupun sebagai anggota masyarakat. Oleh sebab itu, sejatinya seorang guru hanya dapat menuntun tumbuh atau hidupnya kekuatan kodrat yang ada pada anak-anak, agar dapat memperbaiki lakunya dan tumbuhnya kekuatan kodrat anak dengan tetap memperhatikan kodrat zaman dalam pengembangan kodrat alam seorang anak. Dengan kata lain, dijaman teknologi canggih dan serba digital ini,  siswa diharapkan mampu tumbuh dengan baik, namun tidak juga tercabut dari akar kebudayaannya.

Artinya, Kurikulum perlu berubah agar tetap relevan dengan kebutuhan belajar murid dengan perkembangan jaman yang ada, untuk mewujudkan profil pelajar Pancasila. Sebuah kurikulum dapat dikatakan baik bila sesuai dengan jamannya, karena kurikulum bersifat statis.

Masih menurut pendapat KHD, maka kurikulum itu bersifat kompleks dan multidimensi. Kurikulum dapat dimaknai sebagai  perjalanan dari titik awal sampai titik akhir pengalaman belajar murid. Pengembangan  kurikulum harus memenuhi kemerdekaan murid dalam belajar dan memperhatikan karakteristik siswa. Dalam hal ini, maka kurikulum nasional perlu disesuaikan dengan kebutuhan satuan pendidikan. Peran kurikulum sebagai pedoman dan acuan dalam pembelajaran.

Tujuan Kurikulum Merdeka

Kurikulum Merdeka memberikan keleluasaan pada pendidik untuk melaksanakan pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan dan lingkungan belajar murid, yang dapat diwujudkan dengan pembelajaran yang fleksibel dengan penyesuaian konteks dan muatan lokal berfokus pada materi esensial.

 

Pada kurikulum Merdeka, melalui projek penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), guru didorong untuk mengembangkan soft skills dan karakter profil pelajar Pancasila yaitu :

  1. Beriman, Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa (YME), dan berakhlak mulia.
  2. Berkebinekaan global
  3. Bergotong royong
  4. Mandiri
  5. Bernalar kritis
  6. Kreatif

Salah satu keunggukan Kurikulum Merdeka adalah guru dapat mengenali murid dengan lebih baik melalui asesmen diagnostik nonkognitif. Serta pemafaatan teknologi digital yang lebih maksimal dalam upaya penyusunan pembelajaran yang dapat digunakan guru melalui Platform Merdeka Mengajar. (irada)

 

Artikel ini memiliki

11 Komentar

setuju dengan artikel ini.. memang kita harus mendidik anak-anak sesuai jamannya yg penting tidak melupakan akar budayanya..

Sebelum membaca blog ini, saya merasa perubahan kurikulum karna ada pergantian menteri, ternyata tidak seperti itu.
Kurikulum memang harus berubah, untuk menyesuaikan kebutuhan belajar siswa, agar tetap update dengan perkembangan jaman sekarang.

Jaman berubah, teknologi semakin maju, pergerakan informasi juga menjadi sangat cepat, sangatlah tidak relevan apabila kurikulum tidak berubah.
Saya setuju bahwa kurikulum harus berubah untuk memberikan pengalaman belajar yang dapat dimanfaatkan dalam kehidupan siswa sesuai dengan jamannya.

pendapat saya tentang berubah nya kurikulum merdeka menurut saya tidak terlalu buruk karena sangat berbeda jauh dengan kurikulum sebelumnya,di kurikulum yang baru ini atau bisa kita sebut sebagai kurikulum merdeka kita bisa bebas berkreasi di luar,lebih banyak tugas proyek dan menurut saya itu sangat membantu bagi siswa yang kurang dalam teori pembelajaran,saya beryl luvendra devian putra setuju dengan berubah nya kurikulum lama ke kurikulum merdeka yang baru ini

Matur suwun untuk pemahaman/pencerahannya bahwa di era sekarang ini pemahaman kurikulum memang semestinya terus berubah mengingat kemajuan teknologi yang terus meningkat dan untuk tetap bisa bertahan di persaingan global
Setiap zaman/ generasi memiliki kebutuhan cara belajar yang sesuai zaman atau generasinya

perubahan kurikulum sangat penting dilakukan untuk memastikan bahwa pendidikan yang diberikan tetap relevan dengan tuntutan zaman. Kurikulum harus mengikuti kodrat alam dan kodrat zaman, serta memperhatikan keberagaman dan inklusivitas dalam proses belajar mengajar.

saya juga mendukung perubahan kurikulum untuk mendukung kebutuhan siswa siswi belajar di zaman perkembangan teknologi yang semakin canggih

terima kasih telah berbagi tentang pemahaman bahwa kurikulum memang harus berubah. mari kita sebagai guru, selalu berusaha untuk mengikuti perkembangan zaman, agar mampu menyusun kurikulum yang sesuai dengan karakteristik siswa kita.

Setelah membaca tulisan ini, saya baru memahami alasan kurikulum harus berubah. Harapan saya, sekolah dapat menyusun kurikulum yang benar-benar sesuai kebutuhan siswa SMPN 2 Tuban agar mampu mandiri dalam masyarakat.

Kurikulum harus berubah minimal 5 tahun sekali, agar sesuai dengan perkembangan zaman. Perkembangan zaman yg dimaksud antara lain:
1. Perkembangan ilmu dan teknologi
2. Perkembangan politik
3. Perkembangan masyarakat
4. Perkembangan negara
5. Perkembangan dunia
6. Perkembangan psikologis
7. Perkembangan fisiologis

Yang abadi itu perubahan. Selama dunia masih berputar maka dinamika perubaha harus selalu ada apalagi pendidikan dengan kurikulumnya. Banyak teori belajar dari para pakar tetapi kita belum sepenuhnya memahami. Untuk itu berubab dengan konsep yang lebih baik dan kekinian buka hal yang tidak mungkin. Perpaduan filosofi lama dengan yang baru perlu difahami secara holistik untuk menghasilkan konsep pembelajaran yang up to date dari waktu ke waktu

Tinggalkan Komentar

 

KOMENTAR TERBARU

Info Sekolah

SMP NEGERI 2 TUBAN

NPSN 20505096
Jl. P. Diponegoro 21 Karangsari, Tuban
TELEPON 0356-321476
EMAIL spendatuban2@gmail.com
WHATSAPP +6281331773969